Rabu, 19 Januari 2011

Kenapa harus Asmirandah?

"ASMIII..." teriak dari sebrang jalan itu terdengar jelas dikupingku, aku tidak menoleh sedikitpun aku tetap berjalan menuju gerbang sekolah, tetapi teriakan itu makin dekat dikupingku. Diana menepuk bahuku pelan "dipanggil dari tadi kok gak nengok si mi?" 'aaarrrgggghh!!' keselnya aku mendengar kalimat belakang itu "Mi" aku hanya menjawab dengan senyum "namaku kan Asmirandah bukan Asmi" Diana membela "kepanjangan kalo Asmirandah" aku cuma diam lalu tanpa membahas nama aku bertanya pada Diana "emangnya kenapa tadi manggil-manggil?" Diana ketawa kecil "mau liat PR matematik.. udah ngerjain?" aku menoleh ke tas "udah ada di dalam tas, kita ke kelas aja." Aku dan Diana pun berjalan masuk menuju kelas kami.

Di sekolah inilah nama panggilanku menjadi "ASMI" semua guru, semua anak bahkan sampai pak satpam depan gerbang memanggilku "Pagii.. non Asmi" rasa sedih itu sangat ada di dalam hati. kurang lebih selama sembilan tahun aku sekolah SD dan SMP aku selalu harus mendengar semua orang memanggilku "ASMI" padahal papaku sudah sering kali bilang jangan pernah mau jika ada orang memanggilmu "ASMI" apa boleh buat? mereka semua memanggilku begitu, Dan hanya orang rumah dan orang-orang terdekatku yang memanggilku ASMIRANDAH atau ANDAH (ini nama panggilan dari mama).

Aku masih ingat betapa seringnya papa menutup telepon karena semua teman-temanku mencari "ASMI" kalau sekarang aku mengingat itu aku tertawa sendiri, tapi itu karena papa sangat menjaga dan sayang pada nama yang telah beliau berikan saat aku lahir. suara di telepon : "Halo.. selamat sore om.. bisa bicara dengan Asmi?" papa menjawab dengan lantang "Tidak ada nama ASMI disini" dan KLIK! papa langsung menutup telepon. Aku yang mendengar dari ruang tamu hanya bisa menghela nafas karena itu selalu terjadi setiap hari jika papa mengangkat teleponnya.

Aku selalu mencari jalan agar semua teman tidak memanggilku Asmi, akhirnya setelah lulus SMP aku masuk SMA dengan sekolah baru, lingkungan baru, teman-teman baru dan aku tak melihat teman mantan dari SMP ku ada di sekolah itu. dan di SMA adalah saat yang tepat aku mengganti nama panggilanku yang sebenarnya yaitu "ANDAH" lega nya mendengar semua orang memanggilku dengan nama "Andah" jujur aku lebih senang dipanggil "Andah" setelah aku juga mengetahui bahwa singkatan dari ASMI adalah Akademi Sekertaris Menejemen Indonesia, OMG!! aku disamakan dengan nama Akademi?

Tapi kini aku mengerti kenapa papa paling marah jika ada orang yang memotong namaku, karena menurut papa nama yang telah diberikan olehnya bukanlah nama sembarangan. Beliau merancang dan menyusun nama itu dengan banyak arti. kenapa harus sepuluh huruf? kenapa harus Asmirandah? kenapa harus ada H?

faktanya :

* 10 Huruf, karena aku lahir di bulan ke-10 (oktober) jam 5 pagi dan tanggal 5 (5+5=10) dan papa menyimpulkan "kita ambil 10 saja"

*ASMIRANDAH = semua huruf adalah berdasarkan inisial nama-nama keluarga besar kecuali huruf "H" karena huruf "H" artinya bulan Hijriah yang kebetulan aku lahir dibulan itu, papa menambahkan "H" karena melihat nama islam yang diberikan pada setiap nama perempuan, seperti : fatimaH, AisyaH.

Tapi dulu waktu aku kecil aku masih susah memanggil namaku sendiri dan aku menciptakan nama "Asandah" untuk memanggil diriku sendiri. sekarang aku sangat bangga memiliki nama Asmirandah. kalian bisa memanggil aku Andah kalau merasa Asmirandah terlalu panjang. jadi jangan sampai kalian menyepelekan arti sebuah nama yang telah orangtua berikan untuk kita, karena kadang walaupun hanya sebuah nama tetapi arti dari "nama" itu sendiri sangat berarti bagi orangtua.

20 komentar:

  1. Nadia Fajriah19/1/11 16:30

    setuju ndah.. aku jg ga suka klo org2 manggil aku dgn nama DONAT.. hahhaa... nyebelin bgt klo dipanggil itu, tp yah apa bole buat nengok jg sih klo ada yg panggil itu.. hehee..

    setiap org tua pasti mempunyai alasan tersendiri kenapa menamai anak mereka dgn nama seperti itu, akupun jg kata ayahku ada arti dan sebabnya dinamai Nadia.. *lho?? jadi curhat..
    pokoknya ga setuju deh klo nama bagus2 diganti2 sm org2..

    BalasHapus
  2. Aulya Nurkhaliza19/1/11 17:12

    oke, aku sama seperti ka andah, nama aku AULYA, karena baru masuk SMP, temen temen baru.. jadi mereka manggil aku 'Aul' katanya kalo aulya kagok.. ya! awalnya aku biasa aja, tp aku cerita ke ayah bunda. katanya 'jangan mau di panggil aul, adel aja ato ngga aulya' aku nanya kenapa? kata ayah, 'aul'itu manusia tapi berkepala anjing. sejak tau itu, aku kaget dan minta ke temen temen untuk panggil aku 'adel'

    BalasHapus
  3. slalu ada cerita menarik masa kecil...

    punya cerita masa kecil tentang permen ga?
    critain dong...hehe

    BalasHapus
  4. Aku setuju dgn Andah..Orang tua pasti memberikan nama dgn tujuan yg baik utk anaknya. Dan aku sangat bahagia krn namaku berasal dr singkatan bln kelahiran dan nama ibu dan ayahku.. Love them very much..
    Sukses terus ya Ndah..
    *profile pict-nya cantik sekali, aku sukaaaa.. ☺

    BalasHapus
  5. Winda Dwi Rahayu Ningrum19/1/11 18:39

    Aku kok kebalikan ya sm cerita Andah....klw Andah g suka namanya disingkat menjadi Asmi....tp klo aku malah senang klo teman2 aku memanggilku dengan sebutan "WIN" krn arti WIN dr kamus bhs Inggris adalah "menang", dgn sebutan itu aku berharap aja bs selalu meraih kemenangan di segala hal, hehe....

    BalasHapus
  6. subhanallah....membaca tulisan andah yg sto ini membuat mta berkaca2 hehe tp bner..terlihat bgt kecintaan n rasa sayang papa mama andah ke andah n sebaliknya....
    bner2 papa andah memberikan nama bwt anaknya tuh tidak tanpa alasan..n filosofi bgt....
    orangtua menyimpan harapan dan doa kepada setiap nama yg diberikan kpd anaknya....
    tulisan andah bgs..ap ad rncana bkin buku??? good idea...

    BalasHapus
  7. Ya, orangtua memang sangat memikirkan nama yg akan diberikan kpd anaknya. Sama seperti namaku, ada do'a di dalamnya, Rizqi Lestari orangtuaku berharap rizqiku akan selalu lestari, tak pernah habis. Begitupun nama yg diberikan pd anakku, rangkaian namanya adalah do'a kami, orangtuanya. Tp alhamdulillah, dipenggal dimanapun namanya tidak masalah, karena penggalannya pun do'a :) tapi pasti akan terasa lebih dekat kalau kita dipanggil dengan nama kecil yg sudah kita dengar sejak lahir

    BalasHapus
  8. eehmm maaf ya ndah bulan hijriah sepertinya tidak ada dlm kalender islam yg ada tahun hijriyah.mgkn itu maksud andah?

    BalasHapus
  9. teruz berkarya ya
    ASMIRANDAH

    BalasHapus
  10. Hmm cerita kecil yang hampir dialami oleh setiap anak... sakit, sedih, tapi banyak juga kelucuan kalau mengingatnya.. Good story Andah :)

    BalasHapus
  11. '' semua orang tua.. pastinya memberikan nama yang baik untuk anaknya...
    'tapi sayang nya,,, aq ngg' pernah lagi mendengar panggilan asli aq, di telingaku...
    malah,, sering di panggil ;..bang imung,,.. #aku kan wanita????.. hahhaha... sedih banget sich,,..
    aq akui,,, aq tomboy sich,? tapi ngg' segitunya ech,??? hehh.. & bagi aq?? Arti sebuah nama? juga' berpengaruh loh?? sama kehidupan.. tapi bagiku?? nama Andah itu?? bagus lo?? sangat bagus..

    BalasHapus
  12. hahhaa.... lucu kak,,, lucu bgn,, #asli

    BalasHapus
  13. lesta dikoro23/1/11 18:45

    setuju banget nama yang di berikan ortu adalah sebuah doa,aku sering banget di panggil sinok oleh tetanggaku padahal nama itu gak ada hubungannya dengan nama panjangku trus aku tanya ke mama dan mama bilang" dulu waktu aku masih kecil ada anak kos yang manggil aku dengan nama sinok karena anak kos itu belum tau namaku katanya sih aku lucu dan imut2 haha..keterusan dech sampai sekarang",tapi untungnya keluargaku gak manggil aku dengan nama itu karena mereka tau nama itu gak ada di nama panjangku :):):)

    BalasHapus
  14. Nama adlah Do'a !!!

    BalasHapus
  15. lovandah.blogspot.com ...Dari A-Z rangkaian kata''nya begitu mengesankan, yang lebih mengesankan lagi ke 2 orang tua Andah memberikan nama Asmirandah sebuah nama sebuah cerita memiliki sejarah yang mempunyai makna dan arti begitu sangat mendalam.. Asmirandah Zantman = [C]antik, [I]mut, [A]nggun, [M]odest, [I]ntelligent, [K]harisma.. Buat Andah semoga cita, impian, harapan mu tercapai serta kesuksesan dan keberuntungan selalu menyertaimu dengan di iringi doa, niat, dan kerja keras.... :-)

    BalasHapus
  16. Ha..ha... lucu deh...tp saya sndiri sbenarnya jg kurang trima kanapa nama saya KHAIDIR knapa tdak Jon, andika, ato nama2 kren lainnya..tp saya trhibur kata Ustad KHAIDIR itu nama nabi yg sangat pintar..Asmirandah Apapun panggilanmu...g masalah, kamu saat ini adalah mewakili sosok wanita muslim yg kren n modern...

    BalasHapus
  17. Indah kau terindaaaah . kan slalu terindah .

    ASMIRANDAH . kaloo punya anak mau di kasi nama ASMIRANDAH juga . biar besarnya jadi kaya thatha . (lulus ajah belom :P )

    BalasHapus
  18. Wah,jd gitu ya artinya...
    Penyusunannya bagus bgt

    BalasHapus