Jumat, 25 Maret 2011

Aku merindukanmu..


Apa artinya seorang sahabat?
Apa artinya teman kecil?
Apa artinya saudara?
Apa artinya teman berantem?
Apa artinya teman yang baik?
Apa artinya sayang, tertawa, bercanda, menangis, sakit, bahagia?

Susi Andriati Purti, ketika aku menulis nama ini.. saat ini air mataku mengalir deras, dia adalah gadis kesayanganku, teman kecilku, sahabat terbaikku, saudara tercintaku, teman bertengkar, teman yang baik, berbagi kasih sayang dalam canda dan tawa, berbagi kesedihan dan duka, dan itu membuat kami bahagia.

Dia bukan sekedar sahabat, bukan sekedar saudara, dia adalah seorang gadis yang memiliki hati yang lembut, tak pernah ingin ia menyusahkan orang lain, tak pernah ingin membuat repot orang tua dan keluarganya. Gadis yang cantik dengan hati yang baik, menyimpan banyak kenangan bersamanya membuat aku selalu merindukannya.

Pernah sewaktu ketika saat aku dan susi bermain di rumah, saat itu usia kami masih 6 tahun, kami bisa bermain di dalam kamar seharian, kami menggunakan boneka –boneka yang seakan-akan mereka adalah keluarga kami.  Aku dengan boneka teddyku adalah sepasang adik-kakak, Susi dan boneka Loly adalah anak dan ibu, kami bisa bermain masak-masakan, kadang kami membuat tenda diatas tempat tidur dengan kain-kain, kami juga bisa membuat seakan-akan kami naik kesebuah mobil angkot dengan berpenumpang yang penuh, ada panda,beruang,kelinci (boneka).

Dalam urutan keluarga Susi adalah sepupuku, dan kami lebih dekat dari sekedar seorang sepupu. Kini aku hanya bisa menatap fotonya, berharap aku akan bertemu dengannya, entah itu kapan. Aku hanya bisaberharap dan selalu mengirimkannya do’a.

Senyum terakhir yang aku lihat, saat aku tahu Susi masuk rumah sakit yang katanya : karena tifus, namun pihak keluarga agak curiga bahwa sakit yang dideritanya bukanlah penyakit biasa, bahkan terdengar kabar bahwa dokter bilang hidupnya sebentar lagi. Aku datang menemui Susi hanya bisa memberinya semangat sambil melontarkan beberapa candaan “harus sembuh loh… kalo gak tonjok nih” ..aku melihat senyum dan mendengar tawanya, lalu dia berkata “iya.. aku sembuh.. ini juga sebentar lagi sembuh.. nanti mau kerja sama andah ya” aku tersenyum, entah apa perasaan yang aku rasakan, karena dibalik senyumanku hatiku seperti teriris. Aku melihat Susi sangat berubah, dia sudah memakai jilbab, dia menjadi sosok gadis yang cantik, namun tubuhnya kurus sekali.

Selang beberapa minggu dari aku menjenguknya, aku pergi keacara syukuran tempat temanku, dan malam itu kurang lebih jam 8 malam, mama menelepon ku dengan mengatakan “Susi telah pergi” aku hanya menggantungkan telepon genggamku dikuping sambil berjalan keluar pintu pagar sambil menangis. Betapa menyesalnya aku, aku tak dapat melihatnya untuk terakhir kalinya, karena dari acara temanku aku harus kembali bekerja di lokasi shooting, sepanjang malam itu tak berhenti aku menangis. Keesokan paginya aku berusaha kerumah Susi untuk melawat, aku melihat mama dan papa nya yang berusaha tegar, walau hati mereka sangat pedih, kehilangan anak pertamnya.

Dan saat aku menulis ini aku sangat merindukannya.


Kanker yang dideritanya karena perokok pasif mengambil nyawanya diusia 21 tahun, dan kami dengan tegar menyebutnya adalah takdir, kami tak bisa merubahnya. Perempuan cantik ini telah membekaskan kenangan yang paling indah dalam hidup kami termasuk dalam hidupku.

Kau selamanya dihati kami,

LOVE : ndah

4 komentar:

  1. Semoga setiap Do'a yang d kirimkan Andah n Keluarga buat Susi Andriati P,,,menjadikanx d alam sana menjadi lebih tenang, n d masukkan k dlm surga bersama org2 Mukmin. Amiiiin Ya Robbal'alamin ,,,♥♥♥,,,

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum,wr,wb..
    Aku bkan mau cari perhatian, aku nangis bneran bacanya..
    Aku jd inget dgn sepu2ku jg Heru cahyadi,jg meninggal diumur 18 taun,akbt kecelakaan,kematian yg tragis,5 hr koma,dia meninggal ketika dia minta mkan,tp tdk bleh krna rahang dan giginya sdh tdk bs u/ mengunyah lagi,heru dtg dlm mimpiku minta dibuatkan kopi dan nasi goreng,aku trbngun jam 3 pagi krn telpon rumah berbunyi,dan mgabrkan heru sdh meninggal..
    1 yg selalu kuingat,ketika dlam keadaan koma,heru msh bisa mgatakan kpd org yg dtang u/ membacakan surat yasin sampe selesai..
    Smua org jd menangis, Tak di duga,itu pertanda...
    Maaf ya Andah...aku trharu,tp kt hrus kuat...hnya doa yg bs kt kirimkan, smga org2 yg kt cintai selalu dlm lindungan ALLAH SWT.....AMIN

    BalasHapus
  3. Semua itu jadi pesan buat kita semua yg ditinggalkan olehnya bahwa kematian itu datangx kapan saja dan dimana saja sesuai yg telah ditentukan oleh Allah SWT kita hanya bisa mempersiapkan diri sblum kematian menjemput kita dan hal itu menjadi bahan koreksi buat kita semua..

    BalasHapus
  4. aku juga ikut nangis membacanya. semoga amal dan ibadahnya diterima disisi tuhan yang maha Esa. amin YRA.

    BalasHapus